• Formulir

  • Kegiatan

  • Pengembangan Diri

  • Data Artikel Belum Tersedia
  • Kepemimpinan

  • Data Artikel Belum Tersedia

Renungan PA sektor, 08 Mei 2016

Renungan PA sektor, 08 Mei 2016
Renungan PA sektor, 08 Mei 2016

Renungan PA sektor, 08 Mei 2016

Yohanes 17:20-26

KESATUAN YANG BERLANDASKAN KASIH KRISTUS

(Oleh: Periaman Ndruru)

 

Pengantar

Kecenderungan umat manusia pada umumnya ketika dia sedang mengalami kesedihan dan penderitaan yang sangat hebat adalah pertama-tama dia memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Sehingga manakala dia berdoa, maka isi doanya adalah agar Tuhan berkenan segera melepaskan dan memberi pertolongan kepada dirinya. Tetapi tidak demikian halnya dengan doa Tuhan Yesus. Di tengah-tengah penderitaan dan ketakutan menghadapi kematianNya, Tuhan Yesus mendoakan secara khusus para murid dan orang-orang yang percaya kepadaNya agar mereka dilindungi oleh Allah.

Penjelasan Perikop

Yohanes 17:1-26 merupakan satu keutuhan dari Doa Tuhan Yesus sebelum ia ditangkap. Doa Tuhan Yesus   ini dapat dibagi dalam tiga bagian : pertama (1- 8) merupakan Doa Tuhan Yesus secara pribadi, kedua (10-19) adalah Doa Tuhan Yesus untuk para murid-muridNya. Begitu berat tantangan yang harus dihadapi murid Yesus. Yesus mendoakan murid-muridNya agar mereka memiliki kekuatan, secara khusus dalam melaksanakan tugas mereka sebagai saksi atau pemberita Injil. ketiga (bacaan kita, 20-26) adalah Doa Tuhan Yesus mengenai orang-orang yang percaya atas pemberitaan murid-murid Yesus.
Dalam ayat 22 Yesus telah memberikan kemuliaan bagi murid-muridNya dan semua orang percaya.

Apa tujuan doa Yesus?

1. Yesus Berdoa  Agar  Orang Percaya Bersatu (17: 20-21).Yang dimohonkan oleh Yesus adalah  agar semua orang yang percaya menjadi satu. yang dimaksudkan dengan "kesatua" bukan  kesatuan organisasi belaka; namun kesatuan yang organis dan fungsional. Kesatuannya memiliki  jenis yang sama dengan  kesatuan  Bapa dan Anak. Seperti Bapa "dalam" Anak, dan Anak adalah "dalam" Bapa, dan dengan demikian keduanya satu, sehingga semua orang percaya "dalam" Kristus, karena persatuan mereka dengan Anak, mereka juga bersatu dengan Bapa. Artinya: agar dunia tahu bahwa Yesus adalah Tuhan, dan supaya orang-orang percaya itu saling mengasihi.

2. Yesus Berdoa Agar Orang Percaya Dimuliakan (17: 22-23). Kemuliaan adalah dimana manusia itu bukan hanya memiliki tubuh (daging) melainkan juga memiliki rohaniah (spiritual). Demikianlah manusia yang utuh. Kemuliaan yang dari Tuhan itu memampukan orang-orang percaya mengemban perintah Tuhan (ay.4). Seperti Yesus dimuliakan oleh-Nya ketika Ia datang ke dunia ini, ditolak oleh manusia dan dihukum mati, maka murid-murid-Nya juga akan diberikan  kemuliaan yang sama, kemuliaan di dalam menderita demi Kristus.

3. Yesus Berdoa Agar Orang Percaya Dapat Bersama Dengan-Nya  (17: 24-26). Yesus minta kepada Bapa untuk membawa murid-murid-Nya bersama-Nya di surga, sehingga mereka dapat melihat dan menikmati kemuliaan sorgawi.

Aplikasi

Jemaat yang dikasihi Tuhan… hal yang menjadi pembelajaran bagi kita: bahwa Yesus mengharapkan kepada kita sebagai orang yang percaya kepada-Nya dapat menjawab doa-Nya. Bagaimana kita dapat menjawab doa-Nya? Yakni: ketika kita sebagai murid-Nya bersatu yang ditandai dengan kesatuan di dalam kasih Kristus yang mau peduli dengan keselamatan sesamanya yang menderita dan mereka yang berada dalam belenggu kuasa doasa. Sehingga pada akhirnya nama Allah dipermuliakan.Bahwa kita sebagai murid-Nya harus rela menderita demi Kristus. Hal ini lebih kepada tanggung jawab sebagai umat yang telah dipanggil oleh Allah. Tanggung jawab itu adalah memberitakan nama-Nya. Sikap melarikan diri dari tanggungjawab dan cari selamat untuk diri sendiri bukan hanya dianggap sikap yang kurang etis, tetapi lebih dari pada itu dianggap oleh Allah sebagai suatu dosa. Setiap orang yang percaya kepada Kristus diutus untuk memaknai konteks hidupnya dengan kuasa kasih Allah yang telah dinyatakan di dalam pengorbanan Kristus. Bahwa kita juga sebagai murid-Nya berkewajiban untuk mendoakan sesama kita.Kita adalah milik Kristus. Kita semua adalah orang-orang yang telah berada di dalam Doa Tuhan Yesus, dan kita telah diberi kemuliaan. Tuhan telah memberikan kemuliaan bagi kita, untuk memiliki kekuatan menjalani kehidupan ini. Cara hidup kita yang berlandaskan kemuliaan dari Tuhan, maka kita dapat menjadi saksi bagi banyak orang.

TUHAN YESUS MEMBERKATI 

 

Penulis : pegawai sekretariat
Tanggal : 2016-05-10 | Jam 04:12:16

Artikel Lainnya

Renungan PA sektor, 08 Mei 2016

TUNJUKANLAH HATIMU KE JALAN YANG BENAR

BARANGSIAPA YANG KUKASIHI, IA KUTEGUR DAN KUHAJAR

(BERPALINGLAH KEPADA ALLAH, MAKA KAMU AKAN DISELAMATKAN)

PERTOLONGAN TUHAN TIDAK PERNAH TERLAMBAT

KUASA PEMELIHARAAN TUHAN

BUKA HATI UNTUK MENDENGAR SUARA TUHAN

Pentingnya Kesatuan Didalam Kristus